Aksesoris Wajib Untuk Audio Rakitan Rumahan Sederhana

Aksesoris Wajib Untuk Audio Rakitan Rumahan Sederhana

Assalamualaikum wr wb
Setelah postingan kemarin tentang speaker yang cocok untuk audio rakitan rumahan maka akan kita bahas lagi selanjutnya tentang aksesoris audio rakitan untuk rumahan. Memang dalam membuat sebuah sound system rumahan diperlukan peralatan dan aksesoris yang lengkap, tapi jika sobat mempunyai dana minim maka tidak perlu memaksa untuk membeli peralatan yang lengkap. Untuk audio rumahan yang wajib dimiliki adalah speaker yang sudah terpasang dalam box sesuai skema sobat, amplifier, dan aksesoris.

Dalam postingan ini kita akan bahas aksesoris apakah yang wajib ada dalam audio rumahan? Bagi setiap orang pasti punya pendapat masing-masing tapi kalau saya disuruh memberi saran maka akan saya wajibkan dua saja aksesoris yang wajib sobat miliki. Perlu dicatat bahwa ini adalah hal wajib yang ada dalam audio rumahan paling sederhana, jadi mungkin tidak akan ada fitur karaoke karena hanya untuk mendengarkan musik.

1. Tone Control
Ditoko elektronik banyak dijual berbagai pilihan tone control dari yang sederhana sampai paling rumit, semua memiliki fungsi yang sama yaitu pengatur nada dalam sebuah audio sound system. Nada sendiri dibagi dalam tiga tingkatan yaitu nada low, mid, dan high. Sekarang kita akan memilih tone control apa yang cocok untuk audio dirumah saya? Pilihannya ada banyak mulai dari tone control seri 007, parametrik, equaliser parametrik, bifet, tone control pasif dan masih banyak lainnya.

tone control 007
Tone control 007

Oke karena ini audio rumahan maka yang akan kita tonjolkan adalah kualitas suara paling jernih dan tanpa ada hum maupun nada yang terdengar kasar. Dari beberapa pilihan tone control diatas saya lebih suka tone control transistor yaitu 007, memang ini adalah tone control paling jadul namun soal kualitas jangan diragukan lagi. Output tone contro 007 sangat bagus, jernih dan tanpa hum tapi ada kelemahannya yaitu penguatan gain yang sangat kecil dibanding tone control yang menggunakan IC. Tone control 007 punya 4 potensiometer yang bisa diputar untuk mendapatkan settingan yang pas, ada pengatur nada low mid, mid high, balance dan volume ditambah juga switch filter dan loudness.

Soal harga tone control 007 adalah yang paling murah karena komponennya juga tidak banyak, sobat bisa langsung datang ke toko elektronik terdekat dan memilih sesuai merk kit yang ada ditoko tersebut. Untuk tone control lainnya belum saya coba semua, tapi pasti akan kita bahas dalam postingan selanjutnya seperti tone control parametrik, equaliser parametrik maupun bifet.

2. Equaliser 20 Band Stereo
Aksesoris yang kedua adalah equaliser 20 band stereo yang sudah pasti banyak dijual ditoko elektronik terdekat, jadi setiap channel memiliki pengaturan 10 band. Fungsi dari equaliser adalah untuk meningkatkan dan atau mengurangi tone frekuensi pada range yang kita perlukan dan juga apabila ingin suatu band kita pangkas. Karena tone control 007 tadi tidak bisa mengatur nada dengan range yang sempit maka kita membutuhkan equaliser, bisa juga kita menggunakan equaliser untuk menambah gain untuk power amplifier dangen mengatur potensio geser diatas level 0 dB tapi hal ini tidak disarankan.

equaliser 20 band
Equaliser 20 band stereo

Jika saat kita memainkan musik ada nada tertentu yang sangat menonjol maka kita bisa menurunkan potensio geser dibawah level 0 dB, hal ini biasa terjadi karena kualitas rekaman musik yang kita mainkan pasti tidak sama ada yang terlalu low, mid maupun high. Soal harga juga tidak terlalu mahal dan menurut saya pas untuk kantong penghobi audio rumahan.

Urutan pemasangan bisa dengan cara tone control - equaliser - amplifier atau bisa juga equaliser - tone control - amplifier, sesuaikan saja dengan selera sobat. Sedikit juga saran dari saya saat membeli aksesoris tadi perhatikan betul merk yang sobat pilih, karena dipasaran banyak beredar aksesoris audio dengan komponen yang jelek. Apalagi jika sobat merakit sendiri maka teliti dalam membeli dan jangan terkecoh juga dengan rayuan penjual karena kita ingin hasil yang maksimal utnuk audio kita.

Itu tadi sedikit pembahasan saya tentang aksesoris yang wajib ada dalam audio rakitan rumahan yang paling sederhana, untuk tambahan aksesoris mixer, bbe, audio processor dan lainnya akan kita bahas dilain kesempatan. Sekali lagi postingan ini adalah pendapat saya pribadi jika ada salah dan saran silahkan komentar dibawah. Dan tak lupa saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah rela membaca postingan saya ini.
Wassalamualaikum wr wb

2 Responses to "Aksesoris Wajib Untuk Audio Rakitan Rumahan Sederhana"

  1. Saya pemula belom bisa Rakit audio tpi ingin sekakali bsa walo udah terlambat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar otodidak melalui internet jg bs gan,

      Hapus