Mixer Audio Untuk Sound System Rumahan Terbaik

Mixer Audio Untuk Sound System Rumahan Terbaik

mixer audioAssalamualikum wr wb
Bertemu lagi dengan saya dalam suasana maulid nabi Muhammad SAW, pasti sekarang pada libur semua. Untuk postingan kemarin adalah Tips Membeli Elco Untuk PSU Amplifier Rakitan Rumahan, dan untuk spesial hari ini kita akan membahas mixer audio untuk rumahan. Dalam postingan saya sebelumnya tidak menyebutkan mixer sebagai aksesoris yang wajib untuk audio rumahan, hal itu karena mixer wajib untuk audio lapangan atau outdoor.

Mixer sendiri memiliki arti mencampur, dalam audio mixer berfungsi untuk mencampur semua instrument input agar bisa didengarkan dengan baik oleh telinga. Sebagai contoh sederhana adalah saat kita melihat hiburan electone dengan sedikit instrument, mixer berperan mencampur instrument mulai dari keyboard sampai vokal. Dalam lingkup yang lebih luas mixer digunakan untuk konser besar maupun rekaman prefesional.

mixer soundcraft
Mixer Soundcraft

Tanpa adanya mixer, konser yang digelar tidak akan bisa dinikmati oleh telinga dengan baik. Mixer sendiri di kendalikan oleh operator yang bertugas mengatur semua instrument input agar pas dan seimbang, jadi setiap instrument tidak saling tindih. Semua hasil yang penonton dengarkan dipengaruhi oleh kualitas mixer dan kehandalan sang operator, jika operator kurang handal maka hasilnya akan kurang maksimal.

Dipasaran banyak beredar berbagai merk mixer mulai dari murah sampai yang mahal, dan ada dua jenis mixer yaitu analog dan digital. Untuk harga mixer analog lebih murah karena syatemnya masih sederhana, sementara mixer digital memiliki harga yang lebih mahal karena semua systemnya serba digital. Pembahasan lebih lanjut tentang mixer analog dan digital akan saya bagi dalam post tersendiri.

Sekarang kembali ke inti postingan ini, perlukah menggunakan mixer untuk audio rumahan? Kalau dijawab perlu atau tidak itu tergantung dari setiap orang, karena kebutuhan audio untuk rumahan juga berbeda. Ada kalanya setiap orang tidak hanya ingin mendengarkan musik dari vcd, dvd maupun alat pemutar audion lainnya, kadang juga ingin berkaraoke.

mixer lokal
Mixer Lokal CSG

Nah selain hobi mendegarkan musik pasti juga ada orang yang hobi menyanyi, dan itu bisa dilakukan dengan audio rakitan rumahan. Tinggal menambahkan aksesoris mixer dan langsung dicolok ke microphone kita sudah bisa berkaraoke dengan kualitas yang bagus. Tak cuma untuk karaoke, mixer juga bisa digunakan untuk acara kecil dirumah misalnya saja pengajian rutin atau ulang tahun.

Jika menggunakan mixer untuk audio rumahan maka gunakan mixer dengan jumlah 4 channel atau 8 channel, tidak perlu terlalu banyak karena semakin banyak channel harganya semakin mahal dan tidak efisien. Jika sobat punya uang cukup bisa membeli mixer bermerk meskipun buatan china, misalnya saja soundcraft dan behringer. Dan jika uangnya pas-pasan tidak salah juga membeli mixer merk rakitan lokal, bisa juga merakit mixer sendiri dengan membeli kit yang sudah ada ditoko.

Soal kualitas tentunya semakin mahal maka semakin baik, karena jelas komponen yang digunakan juga semakin bagus. Oh ya belilah mixer yang sudah built in efek vokal agar waktu digunakan karaoke maupun pidato hasilnya bisa bagus, biasanya efek yang sering ada dalam mixer adalah echo, reverb dan delay.

Pilih juga microphone dengan kualitas yang cukup baik, agar hasilnya tidak mengecewakan meskipun itu untuk rumahan. Jadi inti postingan saya adalah mixer untuk rumahan tidak wajib, menyesuaikan saja kebutuhan sobat. Tapi untuk sekedar punya ya boleh saja siapa tahu sewaktu waktu butuh buat acara dirumah.

Sedikit info harga mixer audio tidak murah meskipun merk lokal, jadi siapkan dana lebih untuk membeli sebuah mixer. Untuk postingan saya kali ini cukup disini, saran dan kritik sangat saya butuhkan agar bis lebih baik lagi. Untuk post selanjutkan kita akan membahas kit driver untuk amplifier karena menyambung post kemarin yang belum selesai.
Wassalamualaikum wr wb

2 Responses to "Mixer Audio Untuk Sound System Rumahan Terbaik"

  1. youtube.org - YouTube
    Rating: 4.3 · ‎22 votes · ‎Free · ‎Android · ‎Game / youtube to mp3 converter samsung VOD/MPEG3 Audio Transparent - VOD/MPEG3 Video Transparent.

    BalasHapus
  2. Nice Info, semoga semakin berkembang dan maju
    Informasi mengenai Sewa Sound System, Mic Conference, Audio Visual, Proyektor, Audio Tour Guide System,dll silahkan hubungi kami 08155 616 962 atau kunjungi website kami www.noaglobalsystem.com
    Semoga bermanfaat
    Terima kasih

    BalasHapus