Berbagai Skema dan Model Box Speaker CBS

Berbagai Skema dan Model Box Speaker CBS

Assalamualaikum wr wb. Untuk sekian lama blog ini tidak aktif semenjak mwb tutup saya jarang ngeblog tentang artikel. Domain flambons.com ini terasa hampir hilang dari serp google namun akan saya bangkitkan lagi dengan semangat baru untuk terus berbagi dengan sobat blogger dimanapun berada. Untuk blog lama saya fokus membahas css dan sekarang saya akan membahas tentang dunia audio. Yaps, itulah hobi saya selain ngeblog dan membuat css. Audio itu sangat luas mulai dari audio mobil, sound sytem rumahan, sound system lapangan sampai audio yang fokus pada perangkat kecil contohnya headset.

Disini saya bukan ahli audio seperti sobat lainnya, saya cuma ingin berpendapat atau beropini tentang dunia audio. Jadi tulisan diblog ini jangan dijadikan sebagai acuan, karena saya yakin pendapat ataupun selera setiap orang akan berbeda dalam menyikapi suatu hal. Oke lanjut lagi sesuai judul diatas, mengenai box speaker yang sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan soundman Indonesia. Box speaker CBS (continous box system) adalah box speaker dengan system yang berbeda dengan box lain. Penemu box ini adalah orang Indonesia asli yaitu mas Agung Mbantul Jogja, sebenarnya box cbs terdiri dari dua box speaker yang berbeda.

Box pertama adalah box speaker model direct biasa yang bisa berisi speaker 12" sampe 18" tergantung sobat mau bikin yang mana dan bawahnya diberi lubang sesuai skema untuk pertemuan dengan box cbs. Yang kedua adalah box cbsnya yaitu box dengan ukuran kotak biasa dan diatasnya diberi lubang pertemuan dengan box direct. Jadi intinya terdapat dua box yang direct berisi speaker dan yang kedua box kosong sebagai cbsnya, ingat untuk box cbs harus diberi sekat yang kuat agar tidak pecah suaranya. Sobat pasti bertanya apakah box kosong tadi alias box cbs akan mengeluarkan suara ? Jawabannya sudah pasti iya karena memang disini keunikan box CBS yang bisa mengeluarkan suara tanpa adanya speaker didalamnya. Untuk lubang pertemuan bisa sobat kecilkan atau besarkan sesuai selera karena akan memberikan karakter yang berbeda pula, untuk masalah ini tenang saja akan ada skema dibawah.

Pasti ada sobat yang ragu atau masih bingung, emang sudah ada buktinya box CBS bisa sehebat itu ? Kalau sobat ragu bisa berkunjung ke grup resmi box CBS yang dibuat oleh mas Agung Mbantul Jogja klik disini untuk masuk group, disana sobat bisa melihat sudah banyak yang membuktikan disertai bukti video. Untuk keunggulan box CBS adalah hemat speaker, power amplifier, dan listrik.

1. Hemat speaker karena sudah pasti misalnya sobat membutuhkan 4 speaker 18" untuk satu sayap sekarang bisa dikurangi menjadi 2 speaker saja dengan hasil suara yang sama.

2. Hemat Amplifier karena misalnya satu sayap membutuhkan 4 amplifier sekarang bisa dikurangi karena hanya menghandle sedikit speaker.

3. Hemat listrik ya sudah pasti karena daya yang dibutuhkan amplifier juga sedikit.

Untuk skema box CBS akan saya berikan dibawah ini.

box cbs 12x2
Skema box cbs 12x2

box cbs 15x2
Skema box cbs 15x2

box cbs 15x1
Skema box cbs 15x1

box cbs 18x2
Skema box cbs 18x2

cbs dyna martin
Modif box dyna dan planar jadi cbs

skema box cbs
Daftar ukuran lubang pertemuan box cbs

contoh cbs
Contoh box cbs yang sudah jadi

Itu hanya sedikit skema yang saya tampilkan, karena masih banyak lagi skema yang belum saya post. Mungkin sobat gabung saja digrup box speaker CBS dan bisa bertanya disana karena orangnya ramah dan selalu mau menjawab sobat yang bertanya. Untuk postingan ini saya akhiri disini dulu dan nantikan postingan selanjutnya tentang audio sound system rumahan maupun lapangan. Wassalamualaikum wr wb...

3 Responses to "Berbagai Skema dan Model Box Speaker CBS"

  1. Thankyou mas agung box cbs nya slalu gleeerrrrrr

    BalasHapus
  2. brapa ukuran bok cbs 12 in dn brpa lubang anginya tlong di bagi ms agung sya dri bali

    BalasHapus