Amankah Ponsel Untuk Menjadi Input Audio Rakitan?

Amankah Ponsel Untuk Menjadi Input Audio Rakitan?

ponselAssalamaualaikum wr wb
Berjumpa lagi dalam suasana hari senin dimana hari dimulainya semua aktifitas setelah libur. Untuk postingan hari ini mungkin sedikit melenceng dari audio rakitan, tapi masih berhubungan karena saya akan membahas hal yang sering dialami sebagian orang. Pernahkah sobat menjadikan ponsel sebagai input audio untuk audio rakitan? Jika iya maka hal ini yang akan kita bahas.

Menjadikan ponsel atau bahasa kerennya smartphone sebagai input untuk mendengarkan musik mempunyai beberapa resiko, tentunya resiko terbesar adalah kerusakan hp sobat. Kok bisa rusak? Inilah hal yang sering jadi bahan pembahasan dibeberapa forum dan group audio. Sebenarnya smartphone sekarang dirancang dengan teknologi yang lebih maju daripada ponsel jaman dulu.

Postingan sebelumnya Faktor Penyebab Dengung Pada Audio Rakitan Rumahan

Semua komponen dalam ponsel tersebut semakin hari mempunyai ukuran yang sangat kecil, hal ini menjadikan ponsel jaman sekarang sangat tipis. Khusus untuk IC audio pada ponsel juga mempunyai kualitas baik, namun ada beberapa yang sangat rentan dengan kerusakkan saat disambungkan dengan power amplifier.

Kualitas amplifier yang kita rakit menjadi faktor utama penyebab kerusakkan ponsel saat disambungkan ke amplifier. Yang pertama adalah arus bocor pada perangkat rakitan kita, jika hal ini terjadi maka komponen ponsel yang rentan terhadap arus bocor akan mudah rusak. Untuk itu setiap kita mau merakit audio perhatikan betul kualitas komponen yang kita beli agar meminimalisir arus bocor.

Cara menghilangkan arus bocor adalah dengan memasang kabel ground ke tanah, hal ini sangat dianjurkan agar ponsel kita aman saat digunakan menjadi input audio.

Yang kedua adalah adanya tegangan dari input perangkat kita yang masuk kedalam ponsel melalui jack audio 3.5mm. Jelas kalau ada tegangan ac masuk kedalam ponsel maka seketika ponsel akan rusak, karena itu kita perlu teliti lagi dalam merakit perangkat audio kita.

Untuk menghindari adanya tegangan yang masuk ke ponsel maka kita butuh komponen capasitor keramik yang kita pasang pada setiap input perangkat kita. Capasitor keramik berfungsi sebagai coupling antara perangkat rakitan kita dan ponsel, sehingga ponsel kita aman dari tegangan ac yang bisa masuk kedalam ponsel. Untuk ukuran capasitor sendiri menyesuaikan dengan perangkat sobat, bisa menggunakan dengan nilai 100n.

Jika kita menggunakan cara diatas maka hp sobat bisa aman untuk dijadikan input audio, tapi semua kembali kepada kualitas ponsel dan perangkat rakitan yang kita gunakan.

Ada alternatif agar kita bisa menjadikan ponsel sebagai input audio, yaitu dengan perangkat pihak ketiga bluetooth receiver. Dengan menggunakan bluetooth receiver ponsel kita tidak terhubung langsung ke perangkat audio melainkan sinyal audio dari ponsel diterima oleh bluetooth receiver dan diteruskan ke perangkat audio.

bluetooth receiver
Bluetooth Receiver

Sekarang banyak tersedia ditoko bluetooth receiver dengan berbagai merk dan harga, sobat bisa memilih sesuai selera sobat. Hal ini sangat saya sarankan agar ponsel kita aman dengan mengeluarkan sedikit biaya tambahan untuk membeli bluetooth receiver.

Oke lanjut inti dari postingan saya adalah amankah menggunakan ponsel untuk input audio rakitan? Jawabannya adalah aman saja asal semua faktor penyebab kerusakkan ponsel kita minimalisir. Tapi jika masih ragu bisa menggunakan bluetooth receiver yang jauh lebih aman untuk ponsel kesayangan kita.

Pembahasan kita akhiri sampai disini, mungkin ada yang beda pendapat bisa komentar dibawah. Saya hanya menyampaikan opini yang pernah saya alami dan ketahui, mohon maaf jika post kali ini kurang detail. Terima kasih juga sudah rela mampir diblog ini, Wassalamualaikum wr wb.

0 Response to "Amankah Ponsel Untuk Menjadi Input Audio Rakitan?"

Posting Komentar