Skema Box Speaker Planar Horn Untuk Sound System

Skema Box Speaker Planar Horn Untuk Sound System


Assalamualaikum wr wb...Salam hadir lagi bersama saya dalam postingan masih mengenai audio sound system, dalam beberapa pilihan terdapat sekali jenis macam box speaker. Salah satu yang saya bahas diblog ini adalah skema box cbs, dan untuk pertemuan kali ini tetap sama kita akan membahas box speaker tapi bukan cbs.

Box speaker planar horn atau orang sound system biasa menyembutnya singkat saja yaitu box planar. Jenis box ini sebenarnya cukup simple karena tidak terlalu banyak sekatan didalamnya, namun jangan menilai dari bentuknya saja karena hasilnya bisa sangat memuaskan. Terbukti box jenis ini masih banyak dipakai untuk audio sytem rakitan rumahan maupun lapangan.

Berikut skema box planar yang bisa digunakan untuk rumahan dan lapangan

box planar jadi
Tampilan box planar

skema box panar
Skema box planar

skema box planar horn
Skema box planar dari samping

skema box planar
Skema box planar dari depan

Setelah mengamati skema kita bisa berpendapat bahwa box ini diperuntukan untuk nada low maupun sub, yaps memang benar karena tunning box planar sangat pas digunakan untuk speaker dengan karakteristik low dan sub.

Jangan tanya mengenai ukurannya yang sangat besar bahkan lebih besar dari box sub umumnya, tapi dengan ukurannya yang besar hasilnya bisa dibilang sangat memuaskan. Nada low dan sub yang dihasilkan sangat terasa jarak dekat maupun jauh, cocok untuk genre lagu dangdut, pop, campursari dan masih banyak lainnya.

Kelebihan box planar adalah bisa dipasang dengan komponen speaker kelas biasa, misalkan saja kita pakai ACR maupun merk lainnya. Bahkan jika anda punya speaker kelas atas seperti merk RCF misalnya hasilnya akan lebih maksimal lagi.

Untuk anda yang merakit box speaker planar usahakan pakai kayu multiplek dengan tebal 18mm agar tidak getar ketika dihantam nada low yang sagat keras, kalau bisa pakai sekrup biar lebih kuat. Karena dimensi box planar ini besar anda bisa merakit yang versi single bertujuan untuk mudah waktu mengangkat dan memindahkan box.

Kesimpulan yang dapat kita ambil mengenai box planar ini adalah jangkuan bas yang bisa dekat maupun jauh masih terasa, bisa memakai komponen speaker kelas biasa, dimensi box yang lumayan besar, cara merakitnya simple karena tidak terlalu banyak sekatan, bisa dikerjakan oleh pemula maupun ahli perkayuan.

Untuk sementara kita akhiri pembahasan box planar horn, karena masih banyak jenis box yang akan kita bahas pada postingan berikutnya. Terima kasih sudah mampir diblog ini dan untuk saran kritik bisa ditulis dikolom komentar.

0 Response to "Skema Box Speaker Planar Horn Untuk Sound System"

Posting Komentar